Jumat, 30 November 2012

Tugas PPTI Internet UNS Angkatan 2012









Fungsi menu histori adalah untuk menampilkan darftar halaman web yang telah kita buka sebelumnya.








Menu histori dapat di lihat kebanyakan dengan menekan tombol CTRL bersamaan dengan huruf H








Ataumenekan tombol ALT lalu tekan ENTER








Untuk menghapus beberapa histori lakukan penandaan di kolom samping kiri berikut










2.Bookmark berfungsi sebagai penanda (marker) persis seperti pembatas buku. Dengan bookmark Anda bisa menandai bagian-bagian yang penting sehingga di lain waktu Anda bisa dengan cepat kembali ke bagian tersebut. Untuk memasang bookmark pada bagian yang sedang Anda baca, Anda tinggal klik kanan untuk membuka menu popup dan memilih menu "Bookmark", atau lebih cepat lagi, cukup dengan menekan kunci Z




pada keyboard. Maka akan terbuka kotak dialog "Pengaturan Bookmark". Tekan tombol "Tambah Bookmark" untuk menyimpan bookmark Anda. Lain kali jika Anda membutuhkannya, cukup tekan kunci F5 atau icon kelima dari kiri pada toolbar. Pilih bookmark yang Anda cari dan tekan "Menuju Ke Bookmark".




Cara Memasukkan URL website ke dalam FAVORITES dan BOOKMARKS :

Setelah anda menemukan website atau halaman yang menarik pada suatu website, bookmark biasanya dilakukan sesuai dengan browser (program untuk browsing) yang biasa digunakan.

Pada Gogle Chrome.



Klik simbol bintang yang ada di pojok kanan atas lalu klik tombol Done.







3. Add-Ons adalah komponen opsional, dalam hal ini berupa sebuah perangkat lunak, yang bila ditambahkan ke dalam perangkat lunak utama, dalam hal ini Firefox, akan menambah fungsional perangkat lunak utama tersebut. Artinya, tanpa tambahan add-ons sekalipun Firefox tetap dapat dimanfaatkan fungsi - fungsi utamanya, akan tetapi akan lebih bagus lagi kalau di tambahkan beberapa add-ons






Contoh Add-ons:






A. Status Bar






Fungsinya cukup simpel, namun sangat informatif bagi user. Status download sobat akan tampil di statusbar (bar bagian bawah) dan akan menampilkan beberapa data seperti persentase proses download, sisa waktu wownload, besaran data yang telah terdownload dan lain sebagainya. Jendela download tidak akan tampil dan akan digantikan dengan statusbar mungil di bagian bawah browser Firefox sobat, sehingga tidak mengganggu aktivitas surfing sobat. Interface dan data tampilannya bisa diatur melalui option add-on tersebut.









B. Personas Plus


Personas Plus adalah add-on yang dibuat oleh www.getpersonas.com. Pada dasarnya, add-on ini adalah theme atau skin untuk tampilan Firefox sobat. Namu, dengan add-on ini sobat akan dengan mudah melakukan customisasi atau pengaturan terhadap tampilan dan fitur-fitur yang ada. Bahkan sobat dapat mengganti theme Firefox hannya dengan beberapa klik saja, karena pembuat add-on ini adalah penyedia theme Firefox, sehingga melalui icon tambahan yang terdapat pada add-on, sobat bisa browsing berbagai theme tanpa harus berpindah alamat web. Yup, cukup dengan beberapa klik saja dari halaman web apa saja. Add-on ini sepenuhnya hanya untuk personalisasi tampilan Firefox.






4. RSS adalah sebuah file berformat XML untuk sindikasi yang telah digunakan (diantaranya dan kebanyakan) situs web berita dan weblog. Singkatan ini biasanya mengarah ke beberapa protocol:


Rich Site Summary (RSS 0.91)
RDF Site Summary (RSS 0.9 and 1.0)
Really Simple Syndication (RSS 2.0)















Teknologi yang dibangun dengan RSS mengijinkan kita untuk berlangganan kepada situs web yang menyediakan umpan (feed) RSS, biasanya situs web yang isinya selalu diganti secara reguler. Untuk memanfaatkan teknologi ini kita membutuhkan layanan pengumpul. Pengumpul bisa dibayangkan sebagai kotak surat pribadi. Kita kemudian dapat mendaftar ke situs yang ingin kita tahu perubahannya. Namun, berbeda dengan langganan koran atau majalah, untuk berlangganan RSS tidak diperlukan biaya, gratis. Tapi, kita biasanya hanya mendapatkan satu baris atau sebuah pengantar dari isi situs berikut alamat terkait untuk membaca isi lengkap artikelnya.


RSS digunakan secara luas oleh komunitas weblog untuk menyebar ringkasan tulisan terbaru di jurnal, kadang-kadang juga menyertakan artikel lengkap dan bahkan gambar dan suara. Sekitar 2000, penggunaan RSS meluas di berbagai penerbitan berita, termasuk Reuters, CNN, dan BBC. RSS digunakan pada hampir semua situs berita atau weblog, dengan berbagai tujuan termasuk: pemasaran, press release, laporan reguler produk, atau aktivitas lain yang membutuhkan pemberitahuan periodik dan tentunya publikasi.


Sebuah program komputer yang dikenal sebagai pembaca umpan (feed reader) bertindak sebagai pengumpul. Program ini mengecek situs yang menyediakan RSS dan menampilkan berbagai artikel baru yang ditemukan. Tenggang waktu dan siklus pengumpulan RSS biasanya dapat diatur oleh penggunanya. Program pengumpul dapat berupa program komputer atau sebuah layanan web yang tersedia online.


Program pengumpul RSS di komputer biasanya berupa aplikasi (software) sendiri yang harus dipasang di komputer sebelum dapat digunakan. Program ini tersedia untuk berbagai jenis sistem operasi dengan harga bervariasi. Ada juga program pengumpul RSS yang gratis. Lihat Daftar pengumpul RSS.


Program pengumpul di web tidak memerlukan pemasangan dan pengaturan, kita dapat melihat dan mengecek RSS kita di mana saja, asal ada browser dan koneksi internet. Beberapa layanan pengumpul RSS juga menyediakan penggabungan dan juga pencarian.


Sebuah web yang menyediakan umpan RSS biasanya ada link dengan sebuah tombol bertuliskan XML atau RSS . Namun disarankan menggunakan RSS daripada XML agar tidak membuat kerancuan (sebab setiap RSS adalah XML, tapi tidak tiap XML itu RSS).



Seperti ditulis di atas, ada beberapa versi RSS, dan bahkan ada kelompok membuat format baru Atom yang juga telah diadopsi oleh banyak situs. Tapi pemakai RSS tidak perlu bingung, para pembuat program pengumpul sindikasi biasanya bisa mengenali kedua format tersebut, bahkan masih menyediakan pembaca untuk format yang lama.
Contoh RSS Reader berbasis aplikasi seperti berikut:
1. RSSOwl | RSS / RDF / Atom Newsreader 1.2.2
2. FastTrackNews
3. Recover Data RSS Reader 2.0.5
4. RSS Feed Reader 2.1
5. YeahReader 2.4
6. Active Web Reader 2.45
7. Snarfer


Contoh Penggunaan RSS Feedreader :


A. Miliki dan install sebuah program RSS reader.
Mula-mula Anda harus memiliki sebuah program RSS reader. Ada berbagai program RSS reader yang dapat dipilih, di antaranya Feedreader, RSS Bandit, dan SharpReader. Masih banyak pilihan program lainnya yang dapat dilihat di Google. Download dan install-lah program yang Anda pilih.


B. Cari situs-situs yang menyediakan RSS feed.
Hanya situs-situs yang menyediakan RSS feed sajalah yang dapat dibaca oleh program RSS reader. Oleh karena itu Anda perlu memastikan apakah suatu situs menyediakan RSS feed atau tidak. Situs-situs yang menyediakan RSS feed umumnya menampilkan sebuah kotak kecil bertuliskan XML atau RSS pada halaman web-nya.


C. Tambahkan feed dari situs tersebut ke program RSS reader.
Dalam program RSS reader pasti tersedia menu untuk menambahkan feed baru. Pilih menu tersebut lalu masukkan alamat feed dari situs yang ingin ditambahkan. Alamat feed ini dapat diperoleh dengan mengklik kanan kotak kecil bertuliskan XML atau RSS pada situs, dan memilih menu Copy Shortcut (pada Internet Explorer) atau Copy Link Location (pada Firefox). Selanjutnya alamat tersebut tinggal di-paste ke program RSS reader.


D. Update RSS feed yang ada.
Untuk mendapatkan berita terbaru dari situs-situs yang sudah ditambahkan, pilihlah menu Update pada program RSS reader. Program RSS reader akan mendownload berita terbaru dari semua situs tersebut. Selain itu, program RSS reader juga dapat diset untuk melakukan update secara otomatis pada periode waktu tertentu.

5. Pengertian E-mail Filtering


Email Filtering adalah suatu fungsi untuk memisahkan atau memilah email-email berdasarkan kriteria-kriteria tertentu


Penggunaan pada Yahoo Mail





Langkah 1


Masuk ke halaman Yahoo Mail dan login dengan ID Yahoo Anda. Dari halaman utama email Anda, klik tulisan Option yang terletak di pojok kanan atas dan pilih Mail Option.







Langkah 2


Dari halaman Mail Option pilih menu Filter. Yahoo mengizinkan Anda untuk menyimpan maksimal 100 filter, untuk membuat filter klik tulisanCreate or edit filters.



Langkah 3


Terdapat 3 pilihan submenu pada halaman Filter, yaitu Add, Edit danDelete. Untuk membuat filter yang baru pilih Add.



Langkah 4


Disini ada 3 hal yang harus dilakukan, yaitu memberi nama filter, menentukan kriteria filter dan memberi nama foldernya.





Tulis nama filter yang hendak Anda buat pada kolom Filter Name. Pemberian nama filter tergantung sepenuhnya pada Anda, namun disarankan memilih nama yang sederhana. Contohnya buat filter dengan nama Internet.





Ada 4 variabel yang dapat digunakan untuk menentukan kriteria filter, Anda dapat menggunakan salah satu atau bahkan keempat variabel tersebut. Semakin banyak variabel yang dipakai, maka filter yang dibuat makin spesifik.


Berikut penjelasan masing – masing variabel :


· From Header : Memilah email yang masuk berdasarkan pengirimnya.


· To/Cc Header : Memilah email yang masuk berdasarkan penerima email.


· Subject : Memilah email yang masuk berdasarkan judul emailnya.


· Body : Memilah email yang masuk berdasarkan isinya.


Dari setiap variabel, Anda akan menemukan 4 kriteria seperti berikut :


· Contain, Menyaring email yang mengandung kata tertentu.


· Doesn’t Contain, Menyaring email yang TIDAK mengandung kata tertentu.


· Begin With, Menyaring email yang diawali dengan kata tertentu.


· End With, Menyaring email yang diakhiri dengan kata tertentu.


Mari kita buat contoh kasus yang sederhana agar mudah dipahami. Misalnya, Anda sering mendapatkan email dari Tuan Ahmad dan Anda ingin membuat filter untuk menyaring email tersebut. Maka, pada variabel From Header, Anda pilih kriteria Contain dan tuliskan alamat email Tuan Ahmad pada kolom disampingnya . Jika Anda ingin membuat filter untuk menyaring email SELAIN dari Tuan Ahmad, maka kriteria yang dipilih adalah Doesn’t Contain.


Contoh lain, jika Tuan Ahmad seringkali menulis ‘Pekerjaan’ padaSubject-nya (misalnya ‘Pekerjaan Minggu ini’ atau ‘Draft LaporanPekerjaan‘), maka selain menggunakan From Header, Anda juga bisa menambahkan variabel Subject dengan kata kunci ‘Pekerjaan’. Filter ini tidak akan memasukkan email dari Tuan Ahmad ke dalam folder jika pada Subject nya tidak memuat kata ‘Pekerjaan’.


Untuk artikel kali ini kita ambil contoh yang sederhana, email yang akan disaring adalah email dari alamat pengirim ‘net@mail.com’ dan dengan judul yang mengandung kata ‘Internet’.





Tentukan pada folder mana Anda akan menyimpan email yang telah disaring tadi. Pada Move the message to, pilih New Folder dan beri nama folder untuk filter tersebut. Terakhir, klik tombol Add Filter.



Langkah 5


Kini Anda telah memiliki 1 filter, untuk mengubah pengaturannya klikEdit. Jika ingin menghapus filter yang ada klik Delete.



Langkah 6


Sekarang kita kembali ke halaman utama Yahoo Mail, Anda akan menemukan folder yang telah Anda buat di kotak menu bagian kiri. Jadi nantinya, semua email yang telah Anda saring tidak akan masuk ke dalam folder Inbox, email tesebut akan langsung masuk ke dalam folder yang telah Anda tentukan pada menu filter.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

bila nanda ingin menambahkan komentar